Senin, Agustus 22, 2011

[To Kill a Mockingbird]

Judul: To Kill a Mockingbird
Pengarang: Harper Lee
Penerjemah: Femmy Syahrani
Penyunting: Berliani Mantili Nugrahani

 

Atticus Finch adalah seorang pengacara sekaligus ayah dari seorang gadis berusia delapan tahun, Scout. Scout memiliki seorang kakak yang  berusia empat tahun lebih tua darinya, Jem. Kehidupan Scout dan Jem berubah saat ayah mereka membela seorang kulit  hitam. Beragam kecaman datang dari penjuru kota karena Atticus membela seseorang yang dianggap sebagai sampah masyarakat. Scout sudah mulai banyak belajar mengenai kehidupan sejak kanak-kanak.

"...kau tak akan pernah mengenal seseorang sampai kau berada dalam posisinya dan mencoba menjalani hidupnya." (529-530)


Wikipedia menuliskan bahwa buku ini  ditulis berdasarkan pengamatan penulisnya (Harper Lee) terhadap keluarga dan tetangganya, serta kejadian-kejadian yang terjadi pada tahun 1936. Saat itu ia berusia 10 tahun. Harper Lee yang berusia 10 tahun saat itu seperti digambarkan pada sosok Scout (8 tahun) dalam novel ini.

Isu yang diangkat dari novel ini adalah mengenai diskrimanasi ras pada saat itu yang masih cukup kental. Tampaknya setting novel ini terjadi pada saat Great Depression, di mana perekonomian sedang kacau dan diskrimanisi ras yang masih sangat mencolok. Atticus diceritakan sebagai seorang ayah tunggal dan menangani kasus Tom Robinson, seorang kulit hitam yang dituduh memperkosa seorang wanita kulit putih. Di tengah masyarakat yang masih kebanyakan memandang rendah orang berkulit hitam, Atticus berusaha untuk tetap memperjuangkan keadilan meskipun keluarganya juga terancam khususnya Scout dan Jem.

"Awal beli novel ini waktu di book fair perpustakaan kota Malang tahun 2008 lalu. Saat diingatkan kembali tentang novel ini, aku sempat lupa novel ini bercerita tentang apa. Ah, tak seharusnya aku membaca sesuatu hanya sekedar sambil lalu dan lupa mengambil pelajaran yang ada di dalamnya."

Kenapa judulnya To Kill a Mockingbird, tampaknya inilah alasannya.

Atticus: “… But to remember it was a sin to kill a mockingbird
Jem: “Why?”
Atticus: “Well I reckon because mockingbird don’t do anything but make music for us to enjoy, don’t eat people’s gardens, don’t nest in the corn cribs. They don’t do one thing but just sing their hearts out for us.
 (dikutip dari sini)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar