Rabu, Agustus 24, 2011

[Rahim (Sebuah Dongeng Kehidupan)]

Judul: Rahim (Sebuah Dongeng Kehidupan)
Penulis: Fahd Djibran
Penyunting: Nita Taufik
gambar diambil dari sini

“Asal kau tahu, Rahim adalah nama lain dari Raja Semesta.”

Novel ini bercerita tentang seseorang yang menjalani hari-harinya selama sembilan bulan di rahim suci ibunya. Perjalanan dari hari ke hari selama sembilan bulan yang dialami oleh Tuan Bayi Berkepala Botak di rahim ibunya. Bertemu dengan beberapa "makhluk" dan belajar mengenai kehidupan yang akan dijalani saat ia lahir ke dunia (meskipun ia akan lupa segala yang terjadi di dalam rahim, saat ia sudah terlahir ke dunia kelak).

"Pada mulanya segala sesuatu adalah niat. Semacam benih yang tumbuh dari hatimu. Pada saat seseorang berniat melakukan hal yang baik dan berniat menjauhi hal buruk; itu sudah satu kebaikan. Pada saat mereka membiarkan diri mereka menimbang niat itu dengan kebebasan yang mereka miliki--menggunakan akal pikiran mereka, perasaan mereka, dan seterusnya--kemudian tahu dan mengerti bahwa yang baik itu baik dan yang buruk itu buruk; itu dua kebaikan. Dan pada saat mereka melakukannya, mengerjakan hal yang baik dan menolak hal yang buruk; itu kebaikan yang bahkan lebih besar daripada seisi semesta!" (hal. 219)


Diceritakan bahwa sang bayi menjalani 'kehidupannya' saat ia berada di dalam rahim ibunya. Menjelajahi ruang-ruang yang ia lewati dan mencoba mengerti  dunia yang akan dihuninya kelak. Juga, mengenai kasih sayang ibu dan ayah. Sang Bayi juga diceritakan menempuh sebuah perjalanan yang dinamakan Perjalanan Peralihan. Sebuah peralihan dari Alam Roh ke Alam Rahim dan di sana ada Seseorang-yang-bertanya.

"Apakah kau mengakui bahwa Raja Semesta adalah rajamu? Dan kau akan patuh pada semua aturan Kerajaan Semesta?" (hal. 61)

Mungkin tak ada yang ingat secara pasti apa saja yang pernah kita alami saat berada di dalam rahim ibu. Cerita dalam novel ini mengajak kita untuk menyelami imajinasi yang terangkai tentang 'kehidupan' di dalam rahim. Tentu saja, dengan banyak  makna dari rangkaian kata-kata yang ada di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar