Minggu, Mei 13, 2012

Prestasi

Tiba-tiba saja aku menanyakan pertanyaan ini pada diriku sendiri: kapan terakhir kalinya aku berprestasi?
Baru-baru ini? Atau lama-lama sekali?

Pause.

Waktu SD hingga SMP, aku pikir yang namanya prestasi adalah saat bisa mendapat ranking di kelas. Saat itu rasanya cukup buatku untuk selalu berada di peringkat atas di kelas--dengan satu kali pengalaman menjadi 10 siswa terbaik sewaktu di SMP. Saat di SMA, aku mulai tidak mempedulikan peringkat. Apalagi saat di SMA tidak diberlakukan lagi peringkat atau ranking di kelas. Akibatnya, aku semakin santai saat mengikuti pelajaran di sekolah. Masuk jurusan IPA pun rasanya saat itu hanya agar bisa lebih keren. Syukurlah saat itu aku sempat (sedikit) aktif pada ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja.

Kadang aku merasa "bangga" hanya menghabiskan waktu satu tahun saja saat di TK sedangkan beberapa temanku yang lain menghabiskan waktu dua tahun di bangku TK. Hehe, sempat merasa bangga. Namun, itu tak bertahan lama saat aku mengenal ada seorang teman yang ternyata dia dulu langsung masuk SD tanpa TK.

Sewaktu kuliah? Hmm, IP biasa-biasa saja. Keorganisasian? Hanya lebih banyak aji mumpung. Sekali dua kali ikut forum pemuda. Namun, saat itu hanya dengan alasan ikut-ikutan saja. Prestasi lainnya?
Tidak ada.
Belum.

Jadi?

Prestasi. Sebegitu penting kah?
Bagiku, itu sangat penting. Bukan hanya tentang hadiah atau piala, tetapi lebih kepada bukti eksistensi diri. Berkarya. Menjadi seseorang yang bermanfaat. Bukan menjadi seseorang yang "bukan siapa-siapa".

Teringat seminggu yang lalu, sekitar pukul setengah tiga dini hari, aku menatap hamparan lautan pasir yang sangat gelap. Melihat ke langit. Hanya ada beberapa noktah kerlip bintang. Merasa sangat kecil, tak berarti apa-apa. Mencari tahu apa yang paling aku inginkan dan mewujudkannya. Merasuki bayang diri, mencari tahu apa yang sudah kulakukan selama ini. Bagaimana jika ini hari terakhirku melihat cahaya?

be 'something'. create things.



3 komentar:

  1. hehe ini bikin rada keder... apa yang sudah aku lakukan beberapa bulan belakangan? *thinking* yuk ah be something, create things...

    BalasHapus
  2. yuk mariii... *hehe, lg nyemangatin diri sendiri sembari mencari semangat*

    BalasHapus
  3. duuh, jd ngaca ni -_-"

    BalasHapus